Arsitektur Basis Data

Database Management System (DBMS)

Database Management System (DBMS) adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. DBMS merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk dapat melakukan utilisasi dan mengelola koleksi data dalam jumlah yang besar. DBMS juga dirancang untuk memermudah melakukan manipulasi data.

 

Database Users

Database users adalah orang –orang yang menggunakan dan memanfaatkan Database. Ada bermacam macam type dari database users ini yang dibedakan berdasarkan kebutuhan dan pengaksesan database ini. Macam macam type itu adalah:

  1. Application programmers

Application programmers adalah type dari database users yang berhubungan dengan database khususnya dalam DML query. DML query biasanya ditulis melalui aplikasi seperti C, C++, JAVA, PASCAL, dan sebagainya.

  1. Sophisticated users

Merupakan type dari database users yang menulis query dalam SQL.  Type ini biasanya tidak menggunakan aplikasi untuk menggunakan database. Type ini berhubungan dengan database dengan menggunakan bahasa query seperti SQL.

  1. Specialized users

Type ini hamper sama dengan sophisticated users, yang membedakan adalah mereka menulis aplikasi basis data lebih kompleks.

  1. Stand-alone Users

Type ini menulis aplikasi basis data yang ditujukan hanya untuk dirinya sendiri (kepentingan pribadi).

  1. Native users

Type ini merupakan type yang menggunakan aplikasi yang sudah terkenal seperti media social untuk berhubungan dengan database.

 

Database Administrator

Database administrator (DBA) adalah profesional TI yang bertanggung jawab untuk instalasi, konfigurasi, upgrade, administrasi, pemantauan, pemeliharaan, dan keamanan database dalam suatu organisasi. Database administrator berperan dalam pengembangan dan desain strategi database system pemantauan dan meningkatkan kinerja database dan kapasitas, juga merencanakan kebutuhan ekspansi masa depan. Database administrator juga dapat merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database

 

Database System Architecture

Database system architecture mempunyai beberapa jenis yaitu:

  1. Centralized system

Centralized system terdiri dari sebuah server dan sejumlah terminal yang terpusat pada basis data, DBMS, dan aplikasi basis data.

  1. Stand alone

Pada sistem ini DBMS, basis data, dan aplikasi basis data ditempatkan pada komputer yang sama. Sistem ini hanya dapat dipakai oleh satu user pada saat bersamaan.

  1. Client-server system

Sistem ini ditujukan untuk mengatasi kelemahan yang ada pada Centralized system. Ada 2 komponen utama dalam system ini yaitu client dan server. Client berisi aplikasi basis data, sedangkan server berisi DBMS dan basis data.

  1. Parallel system

DBMS yang diimplementasikan pada parallel computer yang mana terdiri dari sejumlah node (prosesor dan memory) yang saling terhubung menggunakan jaringan super cepat. System ini memanfaatkan arsitektur mikroprosessor paling modern menggunakan solusi yang berorientasi software untuk pengelolaan data.

  1. Distributed systems

Sistem terdistribusi adalah system dimana basis-basis data saling berhubungan secara logika dan tersebar pada sebuah jaringan computer.

  1. Network types

Network types adalah model database yang diyakini sebagai cara fleksibel mewakili objek dan hubungan mereka. Model ini memiliki fitur istimewa yang pada skema, diperlihatkan sebagai grafik dengan tipe objek ialah node, tipe hubungannya ialah kurva, yang tidak terbatas dengan menjadi hierarki atau berkisi.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_basis_data

https://www.tutorialcup.com/dbms/database-users-administrators.htm

http://www.purwadhikapress.com/kamu-harus-tau-apa-itu-database-adiministrator.html

http://informatika.web.id/arsitektur-sistem-basis-data.htm

http://syauqi.lecturer.pens.ac.id/uploads/courseitem/13%20-%20Parallel%20Database.pdf

http://ariv.lecturer.pens.ac.id/Database%202/T11.%20Basis%20Data%20Terdistribusi.pdf

https://id.wikipedia.org/wiki/Model_jaringan